Entri Populer

Selasa, 14 Desember 2010

[INDONESIAN REENACTORS] Komunitas Penggemar Sejarah/Militer





REENACTMENT (definisi): Permainan reka ulang sejarah. Sebuah permainan belajar sejarah interaktif dengan cara memainkan kembali sebuah peristiwa yang pernah terjadi pada suatu masa/periode waktu dalam sejarah, dimana pada setiap sesi kumpul para member mengenakan seragam, kostum ataupun perlengkapan yang dikagumi.



INDONESIAN REENACTORS (IDR) adalah tempat berkumpulnya para penikmat sejarah pada umumnya, khususnya kolektor barang-barang antik atau sekedar replika yang ingin bertukar koleksi/info, komunitas cosplay (costume play) NON-FIKSI, komunitas airsoftgun era PD2 sampai era Rusia di Afganishtan, sampai dengan Blogger sejarah yang ingin berbagi pengetahuan.




KEGIATAN IDR meliputi pertemuan rutin bulanan, berupa permainan reenactment dimana setiap anggota hadir membawa koleksi-nya masing-masing untuk bermain dalam satu skenario pendek memerankan satu peristiwa sejarah dalam sesi-sesi foto, atau pembuatan film pendek dalam rangka menjadi kontributor untuk media-media massa, atau sekedar menjadi partisipan EXPO/pameran-pameran. Kegiatan akan diumumkan di GROUP EVENT.




IDR CHAPTER SOERABAIA: Reenactors regional timur (Surabaya, Malang, dan sekitarnya), diketuai oleh Bagus Kamajaya (Ketua Regional). Reka ulang sejarah TKR/BKR, menggunakan seragam PETA replika, helm baja tentara inggris, tentara jepang dan tentara belanda/KNIL periode 1945-1949.




NIEDERLANDE KAMPFGRUPPE: adalah grup tempur reenactment (reka ulang sejarah) milik Indonesian Reenactors (IDR) yang me-reka ulang divisi sukarelawan 23.Waffen-Pzgr-Division der SS "Niederlande" Frw.Legion Nederland. Untuk mengenang para sukarelawan asal Indonesia yang direkrut masuk kedalam Divisi ke-23 Waffen SS tersebut, dan tewas di medan pertempuran.



Berdasarkan dari foto-foto sejarah dan kesaksian dari seorang veteran perang amerika dari Airborne 101st, Pvt. Wilson Boback yang mengaku telah menewaskan sukarelawan Waffen SS asal Indonesia ketika sekutu melancarkan operasi Market Garden tahun 1944. Besar kemungkinan adalah orang-orang Indonesia yang bermukim di Belanda pada waktu itu.

Orang-orang Indonesia tersebut direkrut masuk ke Waffen SS Divisi ke-23 (Pasukan serbu gerak cepat didukung panzer) Legiun Sukarelawan Belanda, atau yang lebih dikenal dengan nama 23rd Division der Waffen SS (Panzergrenadier) Freiwilligen Legion Niederlande.




SUMBER: Buku-buku sejarah yang membahas mengenai sukarelawan asal Indonesia di tubuh Waffen SS sbb:
- "101st Airborne" (published research), by Mark Bando, American Re...searcher
- "Soldier of the Waffen SS: Many Nations, One Motto" (published book), by Marc Rikmenspoel, American Historian
- "Waffen-SS Encyclopedia" (published book), by Marc Rikmenspoel, American Historian
- "SS Hitler's Foreign Divisions: Foreign volunteers in the Waffen SS, 1940-1945" (published book), by Chris Bishop




EVENT-EVENT:


BAKSOS (Bakti Sosial) “Oentoekmoe Pahlawan!” 170810

Bakti sosial IDR Chapter Soerabaia ke Yayasan Korps Veteran RI, 17 Agustus 2010


OPERA TAN MALAKA (FESTIVAL SALIHARA 2010) 18-20 Oktober 2010

- LIBRETO BY Goenawan Mohamad
- COMPOSED BY Tony Prabowo
- GERMAN WEHRMACHT UNIFORMS BY Indonesian Reenactors (IDR) !!

MEDIA EKSPOSE


MAJALAH ANGKASA EDISI KOLEKSI WAFFEN SS, JAN '10


KORAN KOMPAS, MINGGU 3 OKTOBER 2010

Link: http://m.kompas.com/news/read/data/2010.10.03.04110163


KORAN MEDIA INDONESIA, JUMAT 22 OKTOBER 2010

Link: http://mirror.unpad.ac.id/koran/medi...-10-22_014.pdf

IDR TV


BLACK IN NEWS (14th Batavia Art Festival 2010)


JAKARTA "15, TV O-CHANNEL 25-31 OKTOBER 2010

Reenactors BUKAN penggemar sejarah konvensional yang hanya menghabiskan waktunya membaca/browsing di rumah! IDR adalah PENIKMAT sejarah OUTDOOR yang rela berdiskusi sejarah sambil berpanas-panasan mengenakan seragam, dan berberat-berat memanggul perlengkapan bergaya bak di masa lampau demi mendapat pendalaman akan detail sejarah yang dikagumi.



THE VOLUNTEERS: Film perang pendek bertema WW2 karya Niederlande Kampfgruppe (grup tempur reenactment IDR). Cerita tentang sebuah regu patroli sukarelawan Indonesia yang dikejutkan oleh bunker sekutu yang bersembunyi di dalam ilalang, memberondong mereka dengan Machine Gun dan menghujani mereka dengan mortir. CERITA tentang seorang reserve (pasukan cadangan) yang baru saja dikirim ke garis depan dan mengalami shock dalam kontak senjata pertamanya ketika menyaksikan rekan-rekannya tewas tertembak.

Link: http://www.facebook.com/home.php?#!/...=1405765112205



JOIN OUR BROTHERS IN ARMS!!

3 komentar:

  1. Boleh titip saya mau jual collectors item ...

    Saya ingin menjual seragam asli / Formal Uniform
    Bekas France Foreign Legion Special Forces
    Ukuran jaket : L
    Ukuran celana : 34
    Standar tanpa insignia kepangkatan
    Hanya dipakai untuk upacara
    Harga Rp. 1 juta nego
    Hubungi: 0811900380
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  2. bang kalo mau daftar jadi komunitas ini gimana bang

    BalasHapus
  3. Saya mau daftar jadi komunitas ini bagaimana ya?
    Saya suka akan sejarah

    BalasHapus