Entri Populer

Selasa, 14 Desember 2010

Kenapa TNI AD harus memilih Merkava??

Merkava adalah alutista andalan Israel yang mulai beroperasi pada tahun 1982 saat Lebanon War (Merkava Mark I)


Senjata utamanya adalah kanon 120mm ( sama dengan yg digunakan M1A2 atau Leopard ) dengan laras yg diperbaiki hingga menambah daya penetrasinya.
Sistim loading semi otomatis
Membawa 48 rounds amunisi dengan 10 rounds amunisi siap tembak denga sistem revolver elektris.

Sistem penembakan Merkava mampu menembak sasaran sambil bergerak. Baik sasaran permukaan hingga helikopter.

Merkava 4 dilengkapi dengan 4 kamera eksternal yang berguna baik siang maupun malam, artinya dikegelapan malam pun mereka masih leluasa untuk melihat bak disiang hari saja.


Merkava Mk 4 juga memiliki kemampuan yg sama dengan T-80U dalam hal kemampuan menembakan rudal anti tank dengan laras meriamnya.

Senjata tambahannya adalah 3 buah 7.62mm machine gun ( 2 diatas turret dan 1 didalam dan ditembakan secara internal ) dan mortir 60mm yg ditembakan secara internal dan mampu mencapai jarak 2700m.

Menggunakan sistem targeting dan sighting paling canggih, termasuk 360 derajat video-view buat pengemudi, night and day concitioning vision buat commander.

Mesinnya menggunakan General Dynamics GD833 V-12 dengan 1500 Horse Power - Diesel( sama dengan yg digunakan LeClerc ).
Mesin Diesel-nya membuat Merkave mengungguli jarak operasional Abrams.

Satu lagi keunggulan Merkava ( khususnya dalam urban warfare ) adalah selain mengankut 4 crew, Merkava mampu membawa 8 prajurit komando yang sewaktu - waktu bisa diterjunkan lewat backdoor hatch ( Merkava adalah satu2ny MBT yg memiliki 'escape door' ).
Unit komando tsb bisa berfungsi sebagai scout, unit tank killer maupun unit pelindung apabila tank bergerak didaerah perkotaan / pemukiman yg rapat.

Merkava juga dilengkapi dengan sensor pendeteksi rudal. Merkava merupakan salah satu tank paling aman dan dinamis di dunia.

Penuturan salah seorang personil militer Israel yang mengemudikan tank sewaktu perang dengan libanon menguatkan hal ini. Katanya sewaktu dua buah rudal dari tank lawan menghantam Merkava, dirinya begitu merasa terlindungi, Merkava telah menyelamatkannya, begitu katanya.

Kondisi didalam Merkava cukup luas dan nyaman, tidak seperti tank-tank lain pada umumnya. Setidaknya ada 4 ruang di dalam Merkava yang bisa digunakan masing-masing personilnya seperti layaknya ruang pribadi mereka, begitu mereka menyebutnya. Artinya mereka tidak seperti ikan asin lagi yang numpuk disatu ruangan yang sempit, karena di Merkava-4 ada lebih dari satu ruang.



Selain keunggulan spesifikasi, bentuk Merkava sangat 'futuristik' dan 'indah' dibandung tank2 lain sekelasnya.




Komparasi harga-harga Merkava dengan tank lain nya;
Merkava - $4.5-$5 million
M1 Abrams - US$6.21 million
T-90 - $2.23 million
Leopard 2A6 - US$5.74+ million
K1A1 - US$3.8million

1 komentar:

  1. Tapi sayangnya, saya pikir Tank Merkava ini tidak cocok dengan kondisi geografis Indonesia... Merkava didesain untuk berperang di daerah kering yang tanahnya keras dan berbatu. Jadinya Merkava ini tidak cocok berperang di daerah yang tanahnya tidak keras.

    BalasHapus